Manfaat bandotan untuk pengobatan herbal – menyebut bandotan, tentunya anda akan membayangkan tumbuhan terna yang memiliki manfaat cukup baik dalam dunia pengobatan. Bandotan memang merupakan salah satu tanaman gulma yang bisa dimanfaatkan terutama bagian daunnya untuk obat luar diantaranya menghentikan pendarahan pada kulit yang terluka.

manfaat bandotan

Tanaman yang memiliki nama latin Ageratum conyzoides ini dapat tumbuh sangat baik pada iklim seperti yang dimiliki Indonesia. Bandotan menyebar dibeberapa daerah diindonesia dan memiliki beberapa nama yang berbeda untuk setiap daerahnya, diantaranya: babadotan (sunda), wedusan (jawa) dan sebagainya.

Manfaat daun bandotan sebagai obat

Kemampuan yang dimiliki bandotan sebagai obat, tidak terlepas dari kandungan zat dan senyawa penting didalamnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tanaman yang memiliki bau yang khas ini mengandung beberapa senyawa penting, diantaranya: asam amino, oraganacid, pectic substance, minya asiri kumarin, ageratochromene, friedelin, ß-sitosterol, stigmasterol, tannin, sulfur, dan potassium chloride. Akar bandotan mengandung minyak atsiri, alkaloid, dan kumarin.

Dengan kandungan kimia didalamnya tersebut, bandotan terutama bagian daunnya bisa kita manfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan pada tubuh, baik yang disebabkan oleh penyakit ataupun masalah lainnya. berikut beberapa manfaat bandotan dalam dunia pengobatan dan cara meramunya.

1. Sebagai obat herbal untuk bisul dan borok
Cuci bersih tanaman bandotan secukupnya, lalu tambahkan nasi basi satu kepal dan ½ sdt garam. Semua bahan lalu dihaluskan. Ramuan ini anda turapkan pada bagian kulit tubuh yang bisul atau borok. Kemudian balut dengan perban atau kain.

2. Mengatasi rhematik, dan bengkak akibat keseleo.
Ramuan bandotan untuk bisul, bisa juga anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi rhematik dan juga bengkak karena keseleo, hanya saja, ada tambahan bahan lainnya, yaitu dengan menyertakan bagian batang bandotan yang masih segar.

3. Mengatasi peradangan pada telinga.
Siapkan daun bandotan secukupnya, lalu cuci bersih, kemudian tumbuk sampai halus.
Peras untuk diambil ekstraknya. Gunakan ekstrak daun bandotan tersebut sebagai obat tetes pada telinga anda yang terkena radang. Lakukan 4 kali sehari @ 2 tetes.

4. Menghentikan pendarahan pada bagian kulit yang luka.
Siapkan daun dan batang bandotan yang masih segar. Cuci bersih lalu tumbuk halus. Turapkan pada bagian kulit yang terluka, kemudian balut dengan perban.

5. Mengobati sariawan, dan pendarahan pada rahim.
Siapkan terlebih dahulu 15 gram daun bandotan beserta bagian batangnya yang masih muda dan segar. Cuci bersih, lalu rebus dengan air dua  gelas sampai tersisa satu gelas. Dinginkan sebentar, lalu saring . minum air rebusan tersebut sebagai 2-3 kali sehari.

6. Sebagai obat herbal tumor pada rahim.
Bahan yang perlu disiapkan yaitu daun bandotan kering kurang lebih 50 gram. Rebus dengan air tiga gelas sampai tersisa satu gelas. Saring lalu minum air rebusan tersebut secara rutin satu gelas sehari.

7. Mengatasi sakit pada tenggorokan akibat radang.
Cuci bersih daun bandotan segar sebanyak 30-60 gram. Tumbuk sampai halus, lalu peras untuk diambil ekstraknya. Tambahkan gula batu yang telah dilarutkan terlebih dahulu secukupnya. Minum ramuan tersebut sehari sebanyak tiga kali.

8. Mengobati penyakit malaria dan flu.
Siapkan kurang lebih 20 gram daun bandotan kering. Rebus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas.dinginkan, lalu saring. Minum dua kali sehari.

9. Mengatasi perut kembung, mulas, dan muntah.
Satu pohon bandotan ukuran sedang dicuci sampai bersih, lalu potong-potong. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas, tunggu sampai tersisa satu gelas, lalu angkat dan dinginkan. Saring lalu minum air rebusan tersebut  2-3 kali sehari.

Selain untuk pengobatan, bandotan bisa juga anda gunakan sebagai bahan perawatan alami untuk rambut. Ramuan dari bandotan ini bisa menjadikan rambut anda menjadi lebih sehat, hitam, tidak rontok dan indah. Berikut cara pembuatan ramuannya dan juga cara penggunaannya. Siapkan bagian daun dan juga batang bandotan yang masih segar secukupnya. Cuci bersih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian kulit kepala dan rambut secara merata. Tutup kepala dengan kain selama 2-3 jam. Kemudian bilas sampai bersih.

Selain yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat bandotan lainnya yang bisa anda dapatkan. Silahkan cari referensinya dari sumber lainnya.

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: