HIDROGEL
 Digunakan pertama kali untuk lahan pertanian yang kering dan jarang hujan, sebagai cadangan & nutrisi tanaman.
Di Saudi Arabia padang gersang yang tandus disulap menjadi hamparan hijau yang indah dengan penggunaan hidrogel lalu berkembang dengan dibuatnya lapangan golf di negara yang mempunyai gurun pasir dikembangkan untuk hidroponik dengan sistem jel (Hidrogel)
Berkembang penggunaanya yaitu untuk tanaman hias dalam ruangan
Sekitar pada tahun 1998 di Indonesia mulai banyak masyarakat yang menggunakannya untuk tanaman hias indoor dan bunga potong.

FUNGSINYA HIDROGEL
Hidrogel berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah yang cukup. Hidrogel sendir dapat terurai melalui proses pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan ini tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan ( absorption - release cycles). Hidrogel sendiri mampu menyerap air sebanyak 100 - 200 kali berat hidrogel itu sendiri.

Hidrogel ini dapat digunakan untuk pengganti media tanah dan campuran media tanam pada tanaman dalam pot, lahan pertanian, perkebunan, hutan dan lain-lain. Fungsi hidrogel sendiri adalah membantu mengurangi volume dan frekuensi penyiraman tanaman ,  Anda tidak perlu khawatir, hidrogel akan menyediakan air dan memenuhi kebutuhan air tanaman Anda.

Keuntungan penggunaan hydrogel sebagai media tanam, yaitu :
Memastikan keteresediaan air sepanjang tahun.
Mengurangi ferekuensi penyiraman / irigasi hingga 50%.
Mengurangi hilangnya air dan nutrient disebabkan oleh leaching dan evaporasi.
Memperbaiki physical properties dari compact soils dengan membentuk aerasi udara yang baik.
Meningkatkan pertumbuhan tanaman karena air dan nutrient selalu tersedia di sekitar tanaman sehingga mengoptimalkan penyerapan oleh akar.
Mengurangi angka mortalitas.
Mengurangi pencemaran lingkungan dari erosi dan pencemaran air tanah.
Terurai secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2, dan komponen Nitrogen

CARA APLIKASI HIDROGEL/HYDROGEL.....????

Cara Aplikasi Hidrogel.

1. Aplikasi Hydrogel:
Air yang akan digunakan untuk merendam hidrogel sebaiknya dicampur dengan pupuk daun dan hormon pertumbuhan akar yang berbentuk bubuk atau cair sehingga dapat dilarutkan dengan air  (contoh : pupuk daun Gandasil D, hormon pertumbuhan akar Root-Up). Dosis penggunaan pupuk dan hormon pertumbuhan akar mengikuti dosis yg tertera pada masing - masing anjuran pemakaian, lalu disesuaikan dengan takaran penggunaan hidrogel.
Satu bungkus Hydrogel 10gr direndam dalam air sebanyak 1,5 liter (5 gelas air).
Biarkan hydrogel selama 4 - 6 jam.
Butir hydrogel yang sudah jadi ditiriskan selama 1- 2 jam hingga semua kandungan airnya benar - benar tiris.
Hidrogel siap dipindahkan kedalam gelas, botol selai, pot kaca atau vas bunga transparan (bawahnya tidak berlubang) atau sebagai campuran media tanam.
2.  Apa yang harus dilakukan kalau hydrogel mulai menyusut ?
    Rendam kembali hidrogel, lakukan seperti cara no.1

3. Kalau hydrogel kotor terkena debu atau kotoran lainnya, apakah bisa dibersihkan ?
    Rendam  dengan air hangat sekitar 30 menit lalu tiriskan sekitar 1 jam agar hidrogel benar - benar tiris sehingga ketika hidrogel dimasukan kedalam vas kaca tidak ada genangan air.

PERAWATAN TANAMAN HIAS INDOOR HIDROGEL...??

1.Apabila tanaman kotor, bersihkanlah dengan tissue basah atau lap bersih. (dilakukan 4 hari sekali).
2. Apabila setelah ± 1 atau 2 bulan hydrogel terlihat menyusut atau mengecil, keluarkan tanaman & hydrogel, kemudian rendam hydrogel hingga mengembang ( lakukukan seperti langkah aplikasi hidrogel ) kemudian tiriskan dan masukkan kembali hydrogel lalu tanaman kedalam vas.
3. Jika tanaman menguning, kemungkinan pertama tanaman kekurangan unsur hara. Daun tanaman yang menguning sebaiknya dipotong. Kemudian diatasi dengan penambahan pupuk daun, dilakukan dengan cara menyemprot daun  menggunakan sprayer. Dapat dibeli di toko pertanian. Kemungkinan kedua, tanaman kurang memperoleh cahaya matahari. Penaggulangannya, vas berisi hydrogel dilapisi dengan lapisan gelap (tak tembus cahaya) misalnya polybag, karton hitam, kain, dll sampai yang terlihat hanya tanamannya saja. Kemudian letakkan di tempat  yang terkena sinar matahari pagi.  (sebaiknya langkah ini dilakukan 1-2 minggu sekali atau sebulan sekali).
4. Bila tanaman telah besar pindahkan tanaman ke tanah /pot yang lebih besar.



Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: