Menanam Hidroponik memang mengasyikan, apalagi setelah kita panen dan itu adalah hasil dari kebun kita sendiri, ada rasa bangga tersendiri jika menikmati hasil dari berkebun kita. Nah Kali ini kita akan share artikel mengenai Cara Menanam Sawi Putih Secara Hidroponik.

Cara menanam sawi dengan cara hidroponik dapat diperbuat dengan berbagai sistem hidroponik dasar yang ada. Tipe sayuran sawi-sawian semacam green pakcoy, white pakcoy, pagoda Serta tipe sayuran daun sawi lainnya umumnya dapat ditanam dengan teknik hidroponik ini.

Secara umum yang perlu disiapkan adalah: sistem Serta kit hidroponiknya itu sendiri, kemudian benih, media tanam, air, nutrisi hidroponik, tray semai, pinset, dan sprayer. Apabila kamu telah menyiapkan semua peralatan tadi langkah selanjutnya adalah mengawali penyemaian bibit sawi. Untuk sistem hidroponik kamu dapat memakai sistem wick, nft, dft maupun rakit apung alias sistem hidroponik yang ingin kamu gunakan. Untuk pemula / awal biasanya memakai sistem wick alias nft. 

Dikarenakan sistem ini lebih mudah Serta juga terjangkau dalam pembuatan sistemnya sedangkan untuk sistem nft memerlukan anggaran yang lebih tak sedikit biasanya untuk hanya untuk merangkai kit nya saja. Apabila kamu mau memakai wick sistem kamu dapat dengan mudah merakit kit hidroponiknya. Untuk merakit kit semacam itu kamu butuh menyiapkan, bak / ember untuk menampung nutrisi, kain flanel untuk sumbu, netpot, rockwool sebagai media tanam, serta stereoform untuk menyangga netpot serta tanaman.

Baca juga:
Langkah untuk menanam sawi dengan cara hidroponik yaitu:
  1. Siapkan alat serta bahan diatas, ambil tray semai, potong rockwool. 
  2. potongan rockwool ditempatkan di tray semai. 
  3. taruh 1sampai 2 benih sawi ke dalam rockwool, tetapi sebelum benih ditaruh ke rockwool basahi terlebih dahulu dengan air hingga basah. 
  4. Seusai semua benih ditaruh pada rockwool kemudian tray semai di tutu dengan plastik hitam, kemudian ditempatkan pada tempat gelap. Cek secara berkala biasanya semaian bakal mulai tumbuh 1-2 x 24 jam. 
  5. Kemudian setelah tumbuh dalam 1 -2 x 24 jam mulailah semaian dikenalkan dengan sinar matahari, spray lah pada pagi sore supaya rockwool tak kekeringan. 

Seusai sawi berdaun 2-4 alias bekisar 2 minggu maka semaian sawi dapat kamu pindahkan ke sistem hidroponik. rawat dengan baik cek kondisi nutrisi dan sesuaikan ph serta juga kepekatan nutrisi hidroponik dalam larutan hidroponik
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: