Membuat Media Tanam Terbaik, bagaimana caranyaaa?

Media tanam adalah tempat kita menanam tanaman kita. Ciri-ciri media tanam yang baik adalah sebagai berikut :


  1. Bebas parasit dan bibit penyakit, agar tanaman kita nanti tidak terserang penyakit yang dia akibatkan media tanam tersebut.
  2. Mampu ditembus akar untuk bertumbuh.tujuannya agar sistem perakaran tanaman kita bisa lebih cepat berkembang.
  3. Mampu menopang tanaman.tujuannya agar tanaman tidak mudah tumbang saat terkena angin maupun karena hujan.
  4. Mampu menyimpan air tapi juga mengalirkan kelebihan air. Tujuannya agar tanah tidak cepat kering, dan juga bisa mengalirkan kika kelebihan air.
  5. Mampu membuat akar tanaman bernafas, tapi juga mampu menjaga kelembaban tanah. Memiliki oksigen yang cukup hingga tanaman dapat tumbuh dengan baik karena sirkulasi oksigen dalam tanah baik hingga mampu menjaga kelembapan tanah.
Media tanam terdiri dari dua jenis yaitu, media tanam organik dan media tanam an-organik.
Media tanam organik adalah media tanam yang berasal dari mahluk hidup misalnya sabut kelapa, batang pakis, akar, kulit padi, kompos kotoran hewan, kompos daun atau rumput, bahkan jasad hewan yang sudah terurai, batang padi, dll.

Media tanam an-organik adalah mesia tanam yang berasal dari bahan2 tidak hidup, misalnya tanah pasir, tanah liat, batu bata, pecahan genting, pasir, kerikil dll.

Media tanam an-organik memiliki kelebihan yaitu:
  1. Mudah didapatkan
  2. Menopang tanaman dengan baik, 
  3. Relatif bebas bibit penyakit dan bebas parasit, namun kekurangannya unsur haranya biasanya tidak selengkap bahan organik.
Untuk mendapatkan keunggulan dan kesuburan dari masing-masing bahan, biasanya para pekebun menggunakan campuran dari dua jenis bahan ini.

Campuran media tanam yang terbaik untuk tiap tanaman itu berbeda-beda, ditentukan pula dengan kondisi lingkungan tanaman yang akan kita tanam.  Campuran yang biasa digunakan adalah 3 bagian organik dan 2 bagian anorganik.

Jadi, Mari kita terus belajar untuk mengenali campuran media tanam yang terbaik untuk tanaman kesayangan kita di lingkungangan dia tumbuh, semoga bermanfaat...
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: