Banyak orang kesulitan untuk menemukan cara menahan nafsu makan dan selalu memiliki hasrat ingin ngemil makanan seperti coklat, biskuit, keripik, minuman soda, dll setiap harinya.
Nafsu makan yang tidak terkontrol sangat tidak baik dan tidak menyehatkan dikarenakan dapat menggangu metabolisme tubuh, berat badan menjadi bertambah, dan terakhir yang paling dan lebih penting adalah dapat menjadi penyakit. 

Tips menahan nafsu makan dan hasrat untuk ngemil


  1. Makanlah makanan yang sehat dalam jumlah yang teratur (selang 3-5 jam) agar nafsu makan berkurang. Hal ini sangat efektif dilakukan untuk mengurangi nafsu untuk makan atau ngemil karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah dapat membuat Anda tiba-tiba merasa lapar dan selalu merasa harus segera makan atau ngemil untuk mencukupi kebutuhan gula tersebut.
  2. 2. Cari tahu makanan-makanan apa yang tidak bisa Anda tolak untuk dimakan bila sedang melihatnya, setelah mengidentifikasi makanan-makanan tersebut maka mulailah jauhkan mereka dari dekat Anda atau pun pandangan anda. Jangan membawa makanan junk food ataupun cemilan ke rumah, karena jikalau makanan tersebut tidak tersedia di rumah akan membuat keinginan untuk mengemil tidak akan terlintas dalam benak pikiran Anda.
  3. Mulailah Latih diri Anda untuk menahan nafsu makan. Bila Anda sudah merasa ingin ngemil, maka cobalah tahan keinginan tersebut selama setengah atau sampai satu jam, bila waktunya sudah habis dan anda masih merasa ingin ngemil, maka makanlah makanan tersebut dalam jumlah sedikit saja. Latihan ini sangat baik dan efektif karena hasrat untuk ngemil biasanya tidak bertahan lebih dari 20–30 menit sehingga saat kita menahannya maka hasrat ngemil dapat hilang dengan sendirinya.
  4. Bila Anda merasa setiap saat harus ngemil sesuatu yang  memiliki rasa manis, maka sebaiknya pilihlah untuk memakan buah seperti kurma, anggur, kismis, yogurt, blueberry, dll ketimbang anda harus memakan snack yang memiliki lemak dan kalori yang cukup tinggi.
  5. Mulailah Lakukanlah kegiatan-kegiatan untuk menghilangkan pikiran-pikiran dari keinginan untuk ngemil. Kebiasaan ngemil biasanya dilakukan saat orang tidak memiliki suatu kegiatan atau sedang santai sendiri saja, oleh karena itu sebaiknya isilah waktu Anda dengan pergi berjalan-jalan dengan teman, bersih-bersih, merapikan lemari, olahraga ringan ataupun apa saja sehingga dapat melupakan Anda dari nafsu makan yang berlebih.
  6. Banyak orang mulai ngemil saat mereka merasa tidak bahagia, putus asa, gagal, ataupun sedang putus cinta maka sebagai pelarian untuk menghilangkan stress atau hanya sekedar membuat dirinya menjadi nyaman untuk sementara. Jadi, berusahalah tidak makan atau ngemil ketika merasa emosi tapi carilah cara lain seperti curhat dengan teman, bermain-main dengan hewan peliharaan, berekreasi, atau melakukan kegiatan lain yg dapat menyenangkan hati
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: