Cara Menanam Anggur Dalam Pot di Halaman Rumah - Buah anggur merupakan salah satu tumbuhan yang merambat. Buah ini biasanya bisa langsung dikonsumsi atau bisa juga diolah terlebih dahulu menjadi jus atau untuk bahan campuran makanan lain. Buah ini juga bisa diolah menjadi kismis. Rasanya manis dan sedikit kecut. Bentuknya juga bulat dan ada juga yang lonjong dan juga memiliki warna yang berbervariasi. Ada yang warna merah, ungu, dan juga berwarna hijau. Buah anggur mengandung vitamin yang dapat mencegah kanker dan juga penyakit mengerikan lainnya. Selain itu juga bermanfaat sebagai anti radikal bebas. Cara penanamannya sendiri macam-macam. Ada yang cara menanam anggur di pot atau dirambatkan langsung di halaman rumah.

Cara menanam anggur di pot

Dengan ditanam di dalam pot, kita bisa mendapatkan keindahannya juga. Karena tanaman ini termasuk jenis tanaman merambat, maka buah akan bergelantungan sehingga tampak lebih unik. Jadi selain untuk dibudidayakan, cara menanam anggur di pot ini juga bisa untuk menghiasi halaman rumah anda. Namun cara menanam anggur dalam pot ini tidak bisa sembarangan. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tanaman buah anggur ini dapat tumbuh dengan baik. Mulai dari pemilihan pot, media tanam, sampai pada perawatannya juga perlu dilakukan dengan baik dan  benar. Karena menanam anggur ini jika ingin hasilnya baik, maka caranya menanamnya berbeda dengan menanam tumbuhan yang lainnya.

Langkah pertama untuk menanam anggur di pot adalah dengan memilih pot yang tepat. Dari berbagai jenis pot yang ada, jenis pot yang cocok untuk tanaman anggur adalah yang terbuat dari bahan dasar tanah. Karena pot dari tanah memiliki pori-pori di bagian dasarnya sehingga bisa menyerap air. Sehingga dapat berpengaruhnya baik untuk tanaman anggur. Pilih juga model pot yang bagus karena cara tumbuh tanaman anggur ini yang unik, ditambah dengan pot yang bagus bisa membuat tampilannya menjadi lebih cantik. Pilih pot yang ukuran diameternya lebih besar dari permukaan dasarnya atau bisa juga ukurannya sama besar.

Selain itu, juga pemilihan pot daei bahan tanah juga bertujuan agar akar tanaman tidak mudah kering jika terlambat dalam memberikan air dan juga tidak lembab jika terlalu banyak memberikan air. Jadi disarankan untuk pilih pot yang bagus dengan bahan dasar dari tanah.

Langkah cara menanam anggur di pot selanjutnya adalah memilih media tanam. Media tanam yang digunakan untuk cara tanam anggur dalam pot harus sesuai dengan karakteristik dari tanaman anggur itu sendiri. Media tanam yang cocok untuk menanam anggur adalah pasir dan juga pupuk kandang. Pasir mudah ditembus air dan juga akar dari buah anggur. Sebelum bibit anggur dimasukkan ke dalam pot, terlebih dahulu masukkan pasir dan pupuk kandang yang sudah dicampur dengan rata. Untuk lebih bagus lagi, 1/3 pot diisi tanah gambut yang bertujuan untuk menghambat air keluar dari pot.

Baca juga;
Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah masukkan terlebih dahulu batu bata yang sudah dipecah menjadi kecil-kecil lalu dimasukkan ke dasar pot. Batu bata bisa diganti juga dengan menggunakan pecahan genting. Lalu media tanam yang sudah dicampur dengan rata tadi dimasukkan ke dalam pot, kemudian di isi sampai penuh. Setelah itu buat lubang untuk menanam anggur di tengahnya dengan ukuran lebih besar dari polybag yang digunakan bibit anggur.

Kemudian langkah selanjutnya adalah masukkan bibit anggur yang sudah dilepas dari polybag ke dalam lubang di dalam pot tersebut. Aturlah posisi tanaman supaya dapat berdiri dengan tegak. Selanjutnya tutup lagi permukaan media tanam. Lalu siram lah media tanam yang telah berisi bibit anggur tersebut maka ketinggian tanah akan menurun sampai 5 cm dari pinggir pot karena terjadi pemadatan pada media tanam. Terakhir yaitu letakkanlah tanaman tersebut di tempat dengan pencahayaan matahari penuh. Demikian informasi mengenai cara menanam anggur di pot. Semoga informasi ini bisa membantu anda mengetahui menanam anggur di pot ddengan baik dan benar.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: