Penggunaan pupuk organik mampu menjadi solusi dalam mengurangi aplikasi pupuk anorganik atau kimia yang berlebihanpada tanah, hal ini  di karenakan bahan organik yang mampu memperbaiki sifat fisika, kimia, dan biologi tanah. 

Perbaikan terhadap sifat fisik yaitu menggemburkan tanah, memperbaiki aerasi dan drainase, meningkatkan ikatan antar partikel, meningkatkan kapasitas menahan air, mencegah erosi dan longsor, dan merevitalisasi daya olah tanah. 

Fungsi pupuk organik terhadap sifat kimia yaitu meningkatkan kapasitas tukar kation, meningkatkan ketersediaan unsur hara, dan meningkatkan proses pelapukan bahan mineral. 

Adapun terhadap sifat biologi yaitu menjadikan sumber makanan bagi mikroorganisme tanah seperti fungi, bakteri, serta mikroorganisme menguntungkan lainnya, sehingga perkembangannya menjadi lebih cepat . Pupuk organik disamping dapat menyuplai hara NPK, juga dapat menyediakan unsur hara mikro sehingga dapat mencegah kahat unsur mikro pada tanah marginal atau tanah yang telah diusahakan secara intensif dengan pemupukan yang kurang seimbang.

Umumnya pupuk organik yang berbentuk cair berasal dari hasil ekstrak bahan organik yang telah dilarutkan seperti pelarut air, alkohol, dan minyak. Senyawa organik mengandung karbon, vitamin atau metabolit sekunder dapat berasal dari ekstrak tanaman, kotoran ternak atau sampah.

Pupuk organik yang cair adalah pupuk yang dapat memberikan hara yang sesuai dengan kebutuhan tanaman pada tanah, karena bentuknya yang cair, maka jika terjadi kelebihan kapasitas pupuk pada tanah maka dengan sendirinya tanaman akan mudah mengatur penyerapan komposisi pupuk yang dibutuhkan. Pupuk organik yang berbentuk cair (ekstrak) dalam pemupukan jelas lebih merata, tidak akan terjadi penumpukan konsentrasi pupuk di satu tempat, sebab itu tadi pupuk ini 100 persen larut dan merata juga pupuk organik cair ini mempunyai kelebihan dapat secara cepat mengatasi defesiensi hara dan mampu menyediakan hara secara cepat. 

Tanaman menyerap hara terutama melalui akar, namun daun juga punya kemampuan menyerap hara.
Sehingga ada manfaatnya apabila pupuk cair berupa ekstrak tidak hanya diberikan di sekitar tanaman, tapi juga di atas daun-daun. Suatu penelitian mengenai pupuk cair pada tanaman coklat bahwa penggunaan pupuk cair ekstrak lebih memudahkan pekerjaan, dan penggunaan pupuk cair ekstrak berarti kita melakukan tiga macam proses dalam sekali pekerjaan, yaitu : memupuk tanaman, menyiram tanaman, mengobati tanaman.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: