Dari suatu  pengamatan, diketahui bahwa tingkat kerontokan bakal bunga hingga bunga mekar sampai menjadi pentil buah ternyata sangat kecil sekali alias masih normal yaitu tidak lebih dari 10 %.

Karena tanaman buah jambu berada dalam pot, maka jangan sampai anda telat untuk menyiramnya  setiap hari. Karena buah pentil ini akan berguguran jika kekurangan air. Selanjutnya anda juga bisa berikan pupuk dengan kandungan K yang dominan pada masa ini karena pupuk in dapat berfungsi sebagai penguat buah jambu saat masih pentil tersebut.

Baca juga:
Pemberian pupuk tersebut biasa di lakukan dengan mengocor larutan pupuk yang terdiri dari 12 gram pupuk yang berkandungan NPK 15:10:32 plus mikro, kedalam 10 liter air, dan diberikan ke tanaman 1 minggu 2 kali.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada masa ini adalah pembungkusan terhadap buah pentil dan juga pengendalian hama  dan penyakit.
Pembungkusan buah dilakukan sedini mungkin yang bertujuan agar buah terhindar dari serangan lalat buah sehingga tidak busuk dan bisa terlihat mulus. Penjarangan dan seleksi buah juga bisa dilakukan untuk mendapatkan buah masak yang berkualitas.

Sering kali daun jambu air terkena serangan kutu putih dan juga Aphid, jika daun kurang sehat, maka peranan dia sebagai alat fotosintesis juga pastinya akan terganggu, sehingga pasokan energi untuk pembesaran buah juga akan berkurang secara maksimal. Pengendalian hama dan penyakit ini bisa dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan campuran larutan sabun cuci cair dengan ditambah sedikit insektisida. Pemberian pestisida organik lebih dianjurkan dalam hal ini, mengingat buah akan kita konsumsi sendiri.

semoga bermanfaat
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: