Bunga Anggrek adalah tumbuhan yang memiliki jenis dan golongan terbanyak. Jenis-jenis bunga Anggrek indah ini salah satunya adalah bunga anggrek bulan yang merupakan tanaman anggrek yang paling banyak disukai oleh sebagian besar penduduk Indonesia terutama para kaum hawa, dan bukan tidak mungkin jika banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara menanam bunga Anggrek tersebut. Hal tersebut karena bunga atau tumbuhan Anggrek ini merupakan salah satu tanaman hias yang sangat cocok dipajang baik di dalam maupun di luar rumah dan juga cocok dengan iklim di Indonesia.

Benarkan Anggrek bisa ditanam di dalam rumah? Jawabannya ya tentu saja budidaya tanaman anggrek ini bisa dilakukan dalam ruangan tertutup, yaitu dengan menanamnya di dalam pot, kemudian pot tersebut diletakkan di dalam rumah. Kemudian ada pertanyaan lagi, Bukankah tanaman Anggrek ini merupakan tanaman yang harus terkena sinar matahari? Ya, salah satu syarat dan cara merawat tanaman bunga Anggrek yaitu menempatkannya dalam tempat yang terkena sinar matahari. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa terdapat tips merawat bunga Anggrek. Di dalam tips tersebut terdapat satu poin yang secara tidak langsung bisa membuat tanaman Anggrek diletakkan di dalam rumah asalkan ditempat  tesebut terdapat lampu tanaman di dekatnya.
Berikut ini adalah tips untuk merawat tanaman Anggrek dalam rumah.

  1. Menempatkan tanaman Anggrek di tempat yang terkena sinar matahari secara alami tetapi tidak boleh juga jika terlalu panas. Intinya tempat yang ideal adalah menempatkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  2. Membeli lampu ruangan. Hal ini dimaksudkan ketika seorang penanam menempatkan tanaman Anggrek di dalam ruangan dan mencegah agar tanaman Anggrek di dalam rumah tidak kekurangan cahaya maka dapat di gantikan oleh cahaya lampu ruangan.
  3. Menjaga agar tanaman Anggrek tetap lembab. Sebagai tanaman tropis, maka tanaman Anggrek perlu dijaga agar tetap lembab.
  4. Menanam Anggrek di dalam pot yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan akar tanaman Anggrek yang halus dan memerlukan pot dengan ukuran lebih kecil agar leluasa dalam berkembang.
  5. Memberi pupuk. Sebagai tanaman, Anggrek juga memerlukan pupuk atau nutrisi. Gunakanlah pupuk khusus untuk Anggrek atau bisa juga pupuk untuk tanaman tropis.
Kelima poin tersebut merupakan tips merawat tanaman Anggrek. Tentu saja ada hal penting sebelum seseorang melakukan hal tersebut. Satu langkah sebelum merawatnya adalah mengetahui bagaimana cara menanam Anggrek. Kaum hawa terutama pecinta tanaman Anggrek perlu kiranya mengetahui hal ini. Mengapa? Hal tersebut disebabkan biasanya lebih puas memiliki tanaman yang ditanam sendiri ketimbang beli atau ditanam oleh tukang kebun.

Baca juga:
Lalu bagaimana sebenarnya cara menanam Anggrek tersebut? Terdapat dua gaya dalam menanam tanaman Anggrek ini. Kedua gaya tersebut yaitu di tanam di dalam pot dan atau bisa juga ditempel. Kedua gaya tersebut bukan merupakan hal yang aneh sebab tanaman Anggrek merupakan tanaman hias. Berikut ini merupakan cara menanam masing-masing gayanya.

Menanam di dalam pot.
  1. Pemilihan pot, Pot yang dipilih bagusnya adalah pot tanah atau pot plastik.
  2. Membuat tiang untuk penahan batang tanaman. Sebagai tanaman yang menjalar, diperlukan tiang untuk menyangganya. Selain itu, fungsi pembuatan tiang juga untuk memelihara dan membentuk tanaman Anggrek sesuai dengan keinginan si penanam.
  3. Media tanam. Media tanam yang cocok untuk menanam tanaman Anggrek yaitu; arang kayu, potongan pakis, pecahan batu bara atau genteng, dan potongan sabut kelapa.
  4. Menanam dengan ditempel
  5. Gaya tanam ini lebih mudah dibandingkan dengan menanam di dalam pot. Tidak dibutuhkan media untuk menanam dengan gaya ditempel. Medianya sudah langsung pohon dan atau papan lukis. Selain itu, lebih bagus jika tanaman Anggrek yang dipilih di dalam gaya tempel merupakan tanaman Anggrek yang memiliki batang tidak terlalu panjang.

Bukankah cara menanam Anggrek itu mudah? Tentu saja, baik dengan gaya ditempel maupun ditanam di dalam pot, nyatanya menanam tanaman Anggrek tidaklah sulit. Setiap orang terutama kaum hawa bisa mencobanya. Jika sudah sukses dengan cara menanamnya, lakukanlah tips merawat tanaman Anggrek agar tanaman tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik.
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: