MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI KETIKA DIET-Beberapa orang melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan supaya mendapatkan bentuk badan yang ideal. Banyak sekali program diet yang bisa anda pilih untuk menjalani program diet supaya anda mendapatkan berat badan yang anda inginkan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat diet. Karena jika Anda tetap makan secara sembarangan, maka hasil yang didapatkan kurang maksimal atau bahkan bisa gagal. Diet berarti mengurangi atau menghindari beberapa menu makanan yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi serta memperbanyak asupan nutrisi lain yang menyehatkan tubuh. Berikut ini beberapa daftar menu makanan yang harus dihindari ketika diet karena efeknya dapat menggemukkan badan.

1. Soda
Mungkin Anda mengira bahwa minuman bersoda bebas kalori, sehingga muncullah istilah diet soda yang diklaim dalam menurunkan berat badan. Faktanya, dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa diet soda bukan untuk menekan kalori, namun yang terjadi justru sebaliknya. Bahkan diet soda menimbulkan risiko diabetes lebih tinggi dari soda dengan gula.

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI KETIKA DIET

2. Lemak Jenuh
Lemak jenuh merupakan lemak yang dapat membuat Anda bertambah gemuk. Selain itu lemak jenuh dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan karena berpotensi meningkatkan kolestrol, LDL, dan bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh dapat ditemukan pada produk hewani seperti krim, keju, mentega, minyak samin, suet, lemak babi, dan lemak yang menempel pada daging. Selain itu, lemak jenuh juga dapat ditemukan dari hasil olahan tanaman seperti  minyak kelapa, minyak biji kapas, minyak inti sawit, dan mentega coklat. Namun tidak semua lemak berbahaya bagi tubuh, karena terdapat lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan LDL, kolestrol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dan juga lemak esensial seperti omega 3 yang justru dapat membantu membakar lemak.

3. Nasi Putih
Nasi putih tergolong kedalam karbohidrat sederhana yang diproses secara cepat oleh tubuh dan membuat kadar gula dalam sarah meningkat. Jika Anda ingin memaksimalkan hasil diet Anda, sebaiknya ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah.

4. Gorengan
Hindari berbagai macam makanan gorengan karena mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat memicu penumpukan lemak tubuh. Alternatif yang bisa Anda lakukan adalah panggang atau rebuslah makanan Anda.

5. Gula
Gula dan berbagai macam makanan manis mengandung kalori yang sangat tinggi. Jadi sebaiknya hindari ketika Anda melakukan program diet. Namun jika tetap menyukai makanan manis, gunakan pemanis rendah kalori tetapi harganya sedikit lebih mahal.

6. Makanan Ringan dan Minuman Kemasan
Snack, keripik dan berbagai macam jenis makanan ringan lainnya mengandung kalori yang sangat tinggi dan tidak mempunyai nilai gizi. Bukan kenyang yang Anda dapatkan, justru berat badan bertambah melar.  Selain makanan ringan, minuman kemasan yang menggunakan pemanis buatan juga berpotensi menambah tumpukan lemak tubuh. 


7. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji selain dapat membuat tubuh semakin gemuk juga tidak baik untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah burger, kentang goreng, hot dog dan sejenisnya.

Demikianlah makanan yang harus dihindari ketika diet, tidak makan apapun dan menahan lapar seharian bukan termasuk dengan diet yang sehat, bagaimanapun juga tubuh juga memerlukan asupan nutrisi. Justru dianjurkan untuk makan 5-6 kali sehari namun dalam porsi yang kecil. Pemenuhan berbagai macam nutrisi juga sangat penting mulai dari karbohidrat kompleks, lemak sehat dan protein. Ganti camilan yang tidak sehat dengan buah-buahan yang kaya serat seperti apel, buah pir dan sejenisnya. Selain melakukan program diet sehat, imbangi juga dengan olahraga secara rutin dan teratur. Anda dapat melakukan jogging, bersepeda, berenang atau berlatih di tempat fitnes untuk membakar lemak tubuh secara menyeluruh.

Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: