Srikaya Jumbo- Srikaya adalah buah yang terkenal di negara Thailand ini memiliki banyak peminat di Indonesia. Kali ini kita langsung akan membahas teknik dan cara menanam srikaya jumbo asal Thailand ini.

Pertama, siapkan pot berdiameter 40 – 50 cm . Pada dasar pot dapat diberi lapisan genting atau kerikil. Masukan media tanam dengan campuran pupuk. Biarkan selama sekitar 1 minggu supaya media tanam befermentasi terlebih dulu.
Srikaya Jumbo
Srikaya Jumbo
Setelah 1 minggu langsung tanam bibit srikaya pada media tanam di pot tersebut. Pemupukan dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali. Pupuk yang digunakan adalah NPK 15-15-15 sebanyak 30 – 40 gram / pot. Pupuk Kandang sebanyak 5 kg dapat disebar di atas media tanam.

Setelah benih umur 2 tahun, NPK dioplos ( 3 bagian ) dengan pupuk KNO3 ( 1 bagian ) supaya buahnya lebat dan manis. NPK yang dipakai yaitu NPK 16-16-16 sebanyak 3 bagian dan KNO3 dengan banyak 1 bagian. Pupuk dapat diberikan sebanyak 50 – 75 gram per pot . Gali media tanam tersebut secara melingkar dengan kedalaman 3 cm dan masukkan pupuk tadi secara merata. Tutup galian dengan media tanam. Dan beri pupuk kandang dengan sebanyak 5 kg di atas media tanam tadi secara merata.

Untuk menghindari  tanaman terutama dari bibit, baik okulasi maupun sambung susu yang cenderung meninggi, maka pembentukan tajuk di usia dini perlu dilakukan. Proses perontokan daun pada tanaman - tanaman muda dapat merangsang tumbuhnya cabang – cabang dan tunas – tunas yang baru, dengan demikian, sisa tangkai daun ini nantinya akan mengalami rontok dan akan tumbuh tunas yang menjadi bakal tajuk baru.

Untuk perangsangan bunga hendaknya kita lakukan terhadap tanaman berkondisi sehat dengan asupan pupuk yang cukup pula. Lakukan perangsangan bunga pada batang yang sudah cukup tua ( kulit batang berwarna cokelat kehitaman) dan jangan pada batang tanaman yang masih kelihatan hijau atau muda. Lakukan perontokan daun - daun bersama tangkainya pada batang yang tadi sudah dipilih. Selang sekitar 2 – 3 minggu, pada bekas daun yang sudah dirontokkan nantinya akan keluar tunas baru dan calon bunga.
Biarkan bunga tersebut mekar hingga membentuk bakal buah. Lakukan proses seleksi bakal buah, buang bakal buah yang tidak sehat. Pelihara buah yang terletak pada batang yang besar, karena nantinya akan tumbuh dengan optimal, beda dengan bakal buah yang tumbuh pada batang yang kecil. Rawat buah dengan membungkus buah tersebut dengan pembungkus agar tidak diserang hama penyakit.

Dengan mengikuti cara menanam srikaya jumbo di atas, maka diharapkan hasil akan maksimal dan dapat memuaskan.
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: