Jenis Mainan Anak 1 Tahun-Pada usia 1 tahun seorang anak sudah sangat aktif dalam mengenal barang-barang disekitarnya. Dengan menyediakan maupun menemani sang buah hati bermain dengan jenis permainan yang tepat, kita dapat mengoptimalkan perkembangan fisik maupun mentalnya dengan baik. Untuk itu mari kita bersama-sama menyimak ulasan tentang berbagai jenis mainan yang baik bagi perkembangan anak 1 tahun. 

Memilih jenis mainan anak 1 tahun yang tepat tentu tidak lepas dari tanggung jawab sebagai orang tua. Hal ini disebabkan pada usia 1 tahun anak-anak sangat menyukai berbagai bentuk permainan dan tidak hanya itu pada usia seperti ini seorang anak sangat membutuhkan stimulus dari luar guna membantu perkembangan motorik dan sensoriknya.
Berikut adalah jenis mainan anak usia 1 tahun:

1. Ciluk ba!
“Ciluk ba..” bagi orang Indonesia tentu tidak asing dengan jenis permainan ini. Ciluk ba sendiri merupakan sebuah jenis permainan dimana orang tua atau orang dewasa berusaha menarik perhatian seorang anak, dengan cara menutup wajahnya dengan kedua tangan dan ketika perhatian sang anak sudah terfokus pada kita maka kita akan menyingkirkan tangan dari wajah dan mengagetkan sang anak.

Hal ini terbukti sangat ampuh dalam menarik perhatian seorang anak. Jenis mainan anak 1 tahun ini sangat mudah dilakukan, tidak memerlukan ketrampilan dan biaya tertentu untuk melakukannya. Permainan ciluk ba ini mampu merangsang perkembangan sang buah hati terutama dalam mengenali anggota keluarganya. Selain itu kita juga merangsang kemampuan seorang anak untuk bereaksi terhadap suara maupun tindakan kita.

JENIS MAIANAN UNTUK ANAK USIA 1 TAHUN

2. Bermain sambil berolahraga
Anak pada usia 1 tahun sangat menyukai situasi dan juga aktivitas yang dilakukan di luar rumah seperti di halaman rumah. Hal ini disebabkan rasa ingin tahu seorang anak pada usia ini yang sangat tinggi terhadap hal-hal baru disekitarnya. Rasa ingin tahu ini juga menyebabkan seorang anak usia 1 tahun sangat sering terlihat mengulurkan tangan guna 
meraih benda disekitarnya.

Untuk itu sebagai orang tua aktivitas di luar rumah ini memerlukan pengawasan yang ekstra tapi tidak membatasi ruang gerak anak. Pilihan mainan anak 1 tahun yang bisa anda pertimbangkan antara lain bermain bola bersama di halaman, hal ini dapat selain dapat membantu perkembangan koordinasi anggota gerak sang anak juga akan mengajarkan bagaimana berkompetisi dalam suatu pertandingan.

3. Mari mewarnai!
Jenis permainan yang satu ini juga sangat mudah dilakukan oleh anak anda. Anda cukup menyiapkan kertas putih dan juga krayon berbagai warna dan meletakkannya di meja sambil membiarkan sang buah hati mulai mewarnai walaupun yang akan dilakukannya hanyalah mencoret kertas tersebut.

Pada usia 1 tahun seorang anak sudah mampu untuk menggenggam pensil ataupun krayon dan sangat senang mengeksplor hal-hal baru yang diterimanya. Dengan memberikan krayon dan kertas untuk menggambar, anda dapat mengenalkan warna-warni krayon dan juga mengenal berbagai alat tulis yang ada.

4. Mainan mobil-mobilan atau kereta
Mainan anak 1 tahun berikutnya yang bisa dicoba oleh orang tua adalah permainan mobil-mobilan atau kereta yang memerlukan pergerakan aktif dari kaki si anak untuk menggerakkannya. Permainan ini dapat dipandu oleh orang tua, dengan menggunakan beberapa istilah seperti “jalan”, “berhenti”, “berbelok” dan lain-lain yang akan menambah perbendaharaan kata dalam memori sang buah hati.

                 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan
                 Makanan Penurun Kolestrol

5. Mainan bertema binatang dan huruf
Mainan ini bisa dimainkan sambil duduk dan sambil belajar serta bisa dilakukan bersama orang tua karena tidak membutuhkan gerakan yang begitu banyak. Anak dapat dilatih untuk belajar mengingat berbagai jenis binatang dan juga huruf melalui mainan ini. Peranan orang tua dalam menemani anak bermain sangatlah penting, hal ini mengingat dalam kegiatan bermain bersama sang buah hati juga akan terbentuk ikatan emosi antara orang tua dan anak.

Demkian 5 jenis mainan anak usia 1 tahun dan tentunya masih banyak lagi permainan anak yang bisa anda kembangkan sendiri untuk menunjang tumbuh kembang anak. Sehingga menjadi anak yang trampil, kreatif dan tentunya pandai.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: