6 Cara agar hobi berkebun tak menguras kantong - Semua orang tentu rela menghabiskan banyak uang untuk hobi mereka. Bahkan hobi berkebun yang terbilang sederhana juga bisa menguras uang jika terlalu dituruti.
6 Cara agar hobi berkebun tak menguras kantong
6 Cara agar hobi berkebun tak menguras kantong
Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar hobi berkebun tetap hemat dan tidak menguras isi kantong, seperti dilansir oleh All Women Stalk (07/08).

1. Tanpa rumput
Untuk berhemat, jangan tanam rumput di kebun Anda. Tak memiliki rumput berarti anda tak perlu memotong rumput setiap minggu atau bulan, atau menghabiskan banyak waktu untuk mencabut rumput. Anda bisa menggunakan bahan lain untuk permukaan kebun seperti kerikil, batu, dan lainnya.

2. Hindari tanaman yang butuh banyak air
Beberapa orang suka berlama-lama menyiram tanaman mereka. namun agar Anda tetap hemat dalam berkebun, sebaiknya pilih tanaman yang tak menghabiskan banyak air. Tanaman yang mudah 'haus' akan membuat Anda menghabiskan lebih banyak air (termasuk biaya untuk air) ketika cuaca sedang panas dan kering.

3. Menanam dalam pot
Menanam dalam tempat yang terbatas seperti dalam pot atau kontainer juga bisa membuat Anda berhemat. Ruang yang kecil membuat Anda tak perlu susah merapikan tanaman liar yang tumbuh dan akan lebih mudah disiram. Anda tak hanya bisa menanam bunga, tetapi juga sayuran yang bisa dimanfaatkan. Selain menghemat biaya pemeliharaan, Anda juga untung.

4. Tanaman yang tumbuh lambat
Untuk jangka panjang, Anda bisa menghemat tenaga dan biaya lebih banyak jika memilih tanaman yang lambat tumbuh. Tanaman yang lambat tumbuh tak akan membuat Ada sering-sering memotong atau menatanya. Coba beberapa bunga seperti peoni, camelia, dan rhododendrons.

5. Menanam umbi-umbian
Menanam umbi adalah cara paling hemat dan bisa menguntung bagi hobi berkebun Anda. Sekali ditanam, tanaman umbi-umbian akan terus tumbuh di tempat yang sama. Hasilnya pun bisa dipanen. Jika tak suka umbi dan lebih memilih bunga, Anda bisa mencoba daffodils atau tulip.

6. Hindari tanaman musiman
Jika Anda ingin berhemat untuk hobi berkebun, hindari tanaman yang hanya bertahan dalam satu musim, misalkan musim kemarau atau musim hujan saja. Ini akan membuat Anda mengeluarkan uang untuk tanaman baru setiap musim berganti. Lebih baik, pilih tanaman yang kuat dan bisa bertahan di segala musim. Paling tidak, tak membutuhkan terlalu banyak perawatan ketika cuaca berubah buruk.

Hobi berkebun bisa menjadi aset yang baik dan bahkan menguntungkan. selain itu, hobi berkebun juga diketahui memiliki efek yang baik secara psikologis pada diri seseorang. Jika Anda ingin melakukan hobi berkebun tanpa mengeluarkan banyak uang, coba cara-cara di atas.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: