Bunga Sedap Malam – Siapa yang tidak mengenal bunga yang satu ini? Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis bunga yang sudah dikenal di Indonesia maupun mancanegara. Bunga dengan aroma yang sangat khas ini biasanya hanya mekar ketika malam tiba, oleh karena itulah bunga ini diberi nama bunga sedap malam yang artinya bunga dengan aroma harum di malam hari.
Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam
Bunga ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias, selain mempunyai bau harum yang khas, bunga sedap malam juga mempunyai aneka warna menarik. Tanaman ini mempunyai beberapa varian warna diantaranya putih, merah, dan kuning. Tetapi di Indonesia kebanyakan hanya menanam bunga yang berwarna putih. Cara menanam bunga sedap malam juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan lahan tanah biasa yang telah digemburkan.
 
Cara Menanam dan Pemeliharaan Bunga Sedap Malam
Secara umum untuk menanam tanaman ini cukup mudah, bunga sedap malam bisa ditanam secara langsung di tanah ataupun menggunakan media tanam lain seperi pot atau polybag. Tanaman ini bisa tumbuh secara optimal bila ditanam di daerah dataran rendah dengan suhu pH tanah antara 5-5,7. Meski bisa ditanam di daerah dataran tinggi bunga ini tidak akan berkembang dengan baik. Untuk membudidayakan tanaman ini bisa mempelajari caranya di bawah ini.
 
Proses Pembibitan Tanaman Sedap Malam
Untuk memperbanyak tanaman sedap malam bisa dilakukan dengan menanam umbinya. Salah satu ciri umbi yang bisa dijadikan bibit tanaman adalah usianya yang telah cukup tua, yakni sekitar 1,5 tahun dengan besar 1-2 cm. Setelah mendapatkan umbi tersebut, simpan bibit selama satu bulan penuh. Tujuan penyimpanan tersebut agar bibit mudah dalam bertunas, sehingga memperbesar keberhasilan ketika ditanam.
Menyiapkan Media Tanam

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa tanaman ini cukup mudah untuk ditanam. Tanaman ini bisa langsung di tanam di tanah, tetapi untuk lebih baiknya Anda bisa menggunakan media tanam yang sesuai. Media tanam yang digunakan berupa campuran dari tanah, arang sekam, pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Campurkan semua media tanam dengan rata kemudian masukan ke dalam polybag atau pot. Usahakan polybag atau pot yang digunakan mempunyai lubang drainase air. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembusukan pada akar tanaman karena adanya aktivitas penyiraman.
 
Proses Menanam Bunga Sedap Malam
Proses menanam tanaman ini cukup mudah, Anda cukup menyediakan lubang tanam sedalam 5 cm pada lahan yang telah disiapkan. Bila menggunakan media pot atau polybag usahakan menggunakan ukuran yang cukup besar agar tanaman mendapatkan space yang cukup untuk berkembang.

Masukan umbi tanaman ke dalam lubang tanam kemudian tutup dengan tanah dan padatkan area sekitar penanaman. Setelah umbi di tanam, lakukan penyiraman secara teratur agar umbi cepat tumbuh tunas. Jaga agar lahan tanam selalu lembab(tidak kering dan tidak basah).
 
Panduan Cara Merawat Bunga Sedap Malam
Seperti tanaman yang lain, tanaman ini juga membutuhkan perawatan agar bisa tumbuh dengan maksimal. Perawatan yang pertama adalah melakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore sampai tanaman tumbuh tunas. Ketika tanaman sudah mulai besar, frekuensi penyiraman bisa dikurangi menjadi satu hari sekali, bisa pada pagi atau sore hari.

Ketika tanaman memasuki usia 6 bulan waktunya untuk memberikan pupuk tambahan agar kebutuhan nutrisi tanaman bisa dipenuhi dengan baik. Untuk pemupukan bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Bila tidak ada bisa menggunakan pupuk buatan berupa TSP dan Urea dengan komposisi 1:1.

Yang terakhir pastikan bahwa tanaman ini mendapatkan supplya sinar matahari yang cukup sehingga akan membantu dalam proses pengolahan makanan. Hal ini akan membantu tanaman sedap malam cepat berbunga.
 
Manfaat Bunga Sedap Malam
Bunga sedap malam memang merupakan bunga yang unik, tidak hanya memiliki bunga yang indah, dan aroma yang harum, bunga ini ternyata juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk manusia. Yups, selain bisa digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai campuran bahan makanan, campuran minyak wangi, dan juga untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga sedap malam bagi manusia.
 
1. Sebagai Campuran Pada Makanan
Ada beberapa jenis masakan yang menggunakan bunga sedap malam sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan tersebut. Masakan yang paling banyak menggunakan bumbu ini adalah jenis sup. Sup yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah kemudian ditambah dengan bunga sedap malam akan memberikan aroma yang harum pada sup. Selain itu sup akan terasa lebih nimat dan gurih sehingga akan menambah cita rasa dari masakan tersebut.
 
2. Campuran Wewangian atau Parfum
Aroma harum yang dimiliki oleh tanaman ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi siapapun yang menciumnya. Seperti bunga melati yang banyak digunakan sebagai bahan parfum, bunga ini juga banyak digunakan sebagai bahan utama membuat parpum. Terkadang banyak yang mengkombinasikan bahan ini dengan bahan lainnya sehingga tercipta aroma yang kuat dan disukai banyak orang.
 
3. Mencegah Terjadinya Anemia
Manfaat lain dari bunga sedap malam adalah untuk mencegah terjadianya anemia pada tubuh. Artinya bunga ini bisa membatu meningkatkan kadar darah di dalam tubuh Anda. Dengan meningkatnya kadar darah di dalam tubuh akan meningkatkan kebugaran tumbuh serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hal inilah yang akan mencegah terjadinya anemia, karena penderita anemia biasanya memiliki tubuh yabg mudah lelah, lemas, dan sering terkena penyakit.
 
4. Mencegah Insomnia
Insomnia merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan penderitanya menjadi susah tidur, bahkan kadang terjaga sepanjang malam. Penyebab penyakit ini biasanya berasal dari banyaknya beban pikiran yang dirasakan oleh penderita sehingga menjadi susah untuk tidur lelap. Dengan menggunakan bunga sedap malam yang dicampur rempah seperti jahe, bawang merah dan bawang putih akan menenangkan pikiran Anda sehingga membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks.
 
5. Meredakan Radang Tenggorokan
Manfaat lain dari bunga sedap malam adalah bisa digunakan untuk meredakan radang yang terjadi pada tenggorokan. Cara membuat obat dari tanaman ini juga sangat mudah, yakni dengan membuat minuman. Campurkan bunga sedap malam dengan jahe kemudian direbus sampai mendidih, setelah itu dinginakan. Ambil air rebusa tersebut kemudian minum setiap hari secara teratur sampai tenggorokan menjadi lebih baik.
 
6. Untuk Menambah Tenaga dan Stamina
Bagi Anda yang sering lelah dan kurang bertenaga mungkin bisa mencoba membuat ramuan yang dibuat dari bahan bunga sedap malam berikut ini. Bunga ini bisa dimanfaatkan untuk menambah tenaga dan stamina dengan mencampurkan beberapa rempah. Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan cara berikut.
  • Ambil 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gr kacang kapri, 100 gram udang, 1 telur ayam, jahe dan juga bawang putih
  • Anda hanya perlu menumis semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi suatu masakan tumisan, yang bisa membantu meningkatkan energi dan juga stamina anda.
Cukup sampai di sini ya, pembahasan mengenai cara menanam dan manfaat bunga sedap malam. Semoga bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda yang membacanya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman Anda yang membutuhkan informasi ini.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: