Penyakit Pepaya California - Semua usaha pasti mengalami kendala begitu juga dengan pepaya california, juga memiliki penyakit. Butuh pengalaman dan ketekunan untuk menjadi seorang petani pepaya california. Penanganan hama dan penyakit pepaya california haruslah dilakukan dengan tepat. Karena tanaman pepaya juga merupakan tanaman yang manja. Kurang air maka tidak baik, kelebihan air bisa mati itulah kenapa disebut manis manja pepaya california.
Penyakit Pepaya California
Penyakit Pepaya California
Beberapa macam penyakit pepaya california dan cara mengatasinya. Di samping itu nanti juga akan saya berikan langkah pencegahannya.
1. Kutu Putih
Kutu ini menempel pada daun dan batang pepaya california, perkembangbiakan kutu ini sangat cepat sehingga perlu penanganan yang sigap. Berikut ini adalah tanda tanda tanaman california yang terkena kutu putihJika menyerang batang maka batang akan menghitam dan jika menyerang bagian daun maka pertumbuhan akan terhambat sehingga tampak kerdil. Kutu putih perlu penanganan yang cepat agar tidak merebak, karena jika serangan menjadi maka bisa berakibat buah busuk yang berarti gagal panen.Dari satu kutu putih yang dibiarkan dalam satu minggu bisa menutupi satu daun.
 
Cara mengatasi :
  • Semprot terlebih dahulu dengan air detergen. Air detergen ini berfungsi untuk menghilangkan lilin pada kutu, setelah penyemprotan dengan detergen dan lilin pada kutu menghilang barulah disemprot dengan pestisida. Bisa memakai pestisida alami ataupun pestisida yang didapatkan di toko pertanian. Tapi sebaiknya memakai pestisida alami.
  • Untuk pestisida non alami seperti Cruracon, Bestox, Akothion, Imidor, Abuki, Marshal 200 EC, Natucide 100 EC bisa dipakai.
2. Kutu Batang (Pseudaulacapsis Papaya) 
Berbeda dengan kutu putih ada kutu batang, Ciri-ciri kutu batang ini adalah bentuk tubuhnya pipih memiliki diameter 2 – 2,5 mm, berwarna abu-abu dan membentuk sisik. Ciri pohon pepaya yang terkena serangan kutu batang adalah pohon seperti terkena lilin dan pertumbuhan menjadi sangat tidak segar. Pengobatan bsa disemprot atau diolesi dengan supracide pada batang. Bisa juga digunakan pestisida alami.
 
3. Nematoda (menyerang akar)
Nematoda pada akar pepaya california bisa menyebabkan bengkak. Nematoda ini adalah sejenis cacing yang menyerang akar pepaya. Ukurang cacing ini kecil hanya 0,25mm sampai 6mm
Ciri ciri tanaman pepaya yang terserang nematoda adalah akar membengkak dan puru. Di samping itu tanaman pepaya terlihat kekeringan seperti tidak dipupuk.
Penanggulangan bisa dengan memberi nematisida alami.
 
4. Bercak Buah
Hama dewasa ini berwarna kuning, hijau, cokelat berukuran sekitar 15 mm,  hama ini menyerang batang bagian bawah, bagian bawah daun, dan bagian tanaman dibawah buah.        Telur hama bercak buah berukuran 1,7 mm umumnya telur diletakkan di daun, buah atau bunga. Hama ini akan menyebabkan batang daun menjadi seperti mengecil dan tanaman akan mengerdil. Jika menyerang bibit, hama ini bisa mengakibatkan kematian bibit. Jika menyerang buah maka akan terdapat buah yang menghitam dan cekung.
Langkah pencegahan.
  • Jaga kebersihan tanaman dan sekitarnya dari gulma.
  • Bercak buah bisa diatasi dengan melestarikan musuh alami sehingga pemakaian pestisida bisa menyebabkan musuh alami bercak buah mati.
5. Ulat Jengkal Pepaya
Ulat ini biasanya terdapat pada pangkal batang dan sekitar buah. Ciri ciri keberadaan ulat ini adalah adanya seperti terdapat bekas luka pada batang. Bekas luka inilah yang mengakibatkan cendawan menyerang. Penangkalan ulat jengkal pepaya adalah dengan membiarkan musuh alami ulat jengkal pepaya ini tetap hidup yaitu Serangga.  Atau bisa juga anda menggunakan pestisida alami untuk menjaga terjaganya biota pepaya california.

CARA PENCEGAHAN SERANGAN CENDAWAN
Untuk langkah pencegahan terhadap serangan cendawan pastikan anda sudah membaca tentang pepaya california dalam postingan sebelumnya. Gunakanlah benih berkualitas dan beli dari sumber terpercaya.
 
Berikut ini adalah tips sukses menanam tanaman pepaya california.
  • Celupkan biji pepaya kedalam larutan kunyit putih dengan cara larutkan 1 gram tepung kunyit kedalam satu liter air. Sebelum dijadikan benih.
  • Cara lain dengan agens hayati untuk membantu menekan pantogen diantaranya Plant Growth Promoting Rhizabacteria (PGPR). jangan lakukan dua duanya sekaligus dalam satu benih pepaya.
  • Pemupukan yang berimbang, pupuk yang berimbang membantu  meningkatkan daya tahan tenaman terhadap serangan hama dan  penyakit.
  •  Pemotongan tanaman yang terserang saat udara cerah dan tidak berangin, lalu buang dan kubur dalam lubang pembuangan.
  • Jangan gunakan pupuk nitrogen (N) terlalu tinggi, misalnya urea,  Za ataupun pupuk daun dengan kandungan N yang tinggi.  Cukupi kandungan pupuk P dan K.
  • Penyiangan/sanitasi gulma atau rumput-rumputan agar   kelembaban berkurang dan tanaman semakin sehat.
  • Cegah stres pada tanaman akibat pemeliharaan yang tidak  optimal, stres tersebut membuka peluang masuknya cendawan ke jaringan tanaman.
  • Melakukan aplikasi fungisida terutama yang berbahan aktif  Azoxystrobin, Benomyl, Chlorothalonil, Mancozed, Thiabendazol. Tembaga Oksikhlorida, Methyltiofanat, Carbendazim dan   Perkhloraz, penyemprotan dilakukan terutama pada waktu curah hujan tinggi frekwensi  penyemprotan lebih tinggi daripada musim kemarau, juga dapat menggunakan fungisida organik seperti Fungidor 50 EC
Demikian postingan tentang penyakit pepaya california semoga bermanfaat dan membantu. Jangan lupa dukung kami dengan klik like pada halaman kami. Terima kasih
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: