Kelapa Sawit - Kebun tidak saja perlu pupuk bagi tanaman yang kita usahakan diatasnya, melainkan juga air. Terlebih bagi tanaman kelapa sawit,  yang mengambil  dan memerlukan air sekurangnya 15 liter/ pohon/ hari. Guna mencegah penurunan produksi, biasanya dialami petani setelah lewat 3 bulan musim hujan atau memasuki musim kering berlangsung, manfaatkan saat musim hujan dg memberikan mulsa. Mulsa bisa menggunakan tandan kosong sawit ditebar di sekitaran piringan, atau benamkan kompos di sekitar area pasar mati kebun.
Kelapa Sawit
Bagi pemenuhan kebutuhan hara, lakukan dulu pengujian kondisi kesuburan lahan, agar diketahui status kandungan hara, PH, kandungan C Organik,  dan bakkan bisa diuji berapa hara terangkut melalui analisa jaringan tanaman ( daun). Gunakan pupuk kandungan lengkap ( NPK, Mg/ kieserite, S, Ca dan unsur mikro), yang telah di siapkan agar komposisi atau formulanya sesuai bagi tahap pertumbuhan tanaman dan keadaan kesuburan kebun. Benamkan pada 15 sd 20 cm dari permukaan, bentuk tablet seperti halnya Gramalet memudahkan aplikasi itu. Setelah memupuk, tidak perlu khawatir lagi dengan pencucian  ( top soil leaching) kalau ada hujan maupun,  menguap ketika ada panas matahari. 
Kelapa Sawit
Kelapa Sawit
Testimoni pemupukan kebun sawit dengan  pupuk tablet formula Sawit ini dilakukan sejak tahun 2008 di kebun Lintas Timur Pekanbaru, atau sejak 2 tahun lalu. Kebun sawit menunjukan perbaikan bagi usaha kebun sawit, antaranya :
Kelapa Sawit
Kelapa Sawit
  1. Bakal buah naik pada masa 6 bulan setelah aplikasi,
  2. daun mulai mengkilat dan pertumbuhan pelepah pucuk baru,
  3. biaya angkut pupuk ke kebun jadi jauh murah, biasa 8 kg campuran aneka pupuk tunggal (urea-SP-Kcl ) dan kieserite per pohon umur 11 tahun, kini cukup 3 kg tablet Gramalet.
  4. Aplikasi tablet pupuk Sawit dengan gunakan tugal dibenam 15 sd 20 cm membuat nyaman tidak perlu cemas kena hujan deras dan ataupun khawatir menguap saat panas matahari terik.
Kelapa Sawit
Kelapa Sawit

Dengan perlakuan itu, di saat kebun sawit terkena kekeringan dan menurunnya produksi sawit ( trek), kemampuan kompos menyimpan air dan melepaskan lagi saat disekitarnya kering, telah menolong kelembaban kebun berada pada kondisi hara pupuk tablet bisa dilepas dan diserap akar tanaman.
Kelapa Sawit
Kelapa Sawit
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: