Membuat Nutrisi Hidroponik Organik - Cara membuat nutrisi hidroponik organik atau cara membuat larutan nutrisi hidroponik organik itu seperti apa sih? Pada dasarnya cara membuat nutrisi hidroponik secara organik tidaklah sulit. Seperti yang telah diketahui, bahwa hidroponik adalah menanam dengan media air. Tanpa tanah, teknik ini bisa dilakukan oleh siapapun bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun.
Membuat Nutrisi Hidroponik Organik
Membuat Nutrisi Hidroponik Organik
Sayuran yang dihasilkan dari penanaman secara hidroponik bisa dipergunakan sebagai bahan makanan keluarga atau bila dibudidayakan dalam jumlah besar bisa dijual kembali untuk mendapat keuntungan. Namun sebagian orang masih menganggap menanam hidroponik hasilnya tidak akan sebagus yang ditanam pada media tanah, padahal ternyata anggapan ini tidak benar. Sebagaimana tanaman yang ditanam pada tanah tanaman hidroponikpun dapat tumbuh dengan maksimal bila kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut, anda bisa membuat nutrisi hidroponik organik sendiri, maupun membelinya di toko pertanian.

Unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu :
  • •    Unsur hara makro : fosfor (P), nitrogen (N), kalium (K), Magnesium (Mg), kalsium (Ca), dan Sulfur (S)
  • •    Unsur hara mikro : tembaga (Cu), Boron (B), Besi atau Ferro ( Fe), Cobalt (Co), Mangaan (Mn), Molibdenum (Mo), Seng (Zin), Khlor (Cl), Natrium (Na), silicone (Si), dan Nikel (Ni)
Unsur hara di atas ini adalah kebutuhan nutrisi tumbuhan yang sangat penting. Nutrisi hidroponik yang baik harus mencakup semua unsur hara tadi agar perkembangan tanaman maksimal. Bila anda membuat nutrisi hidroponik organik buatan sendiri yang kaya akan unsur seperti ini tentunya akan menghasilkan tanaman yang lebih bagus, karena sayuran yang nantinya dikonsumsi tidak riskan terhadap kesehatan karena bebas dari zat-zat kimia.

Membuat Nutrisi Hidroponik Organik
Berikut beberapa bahan yang diperlukan dalam membuat nutrisi hidroponik organik, jumlah bahan bisa anda sesuaikan sendiri menurut kebutuhan, Mungkin lebih sedikit atau lebih banyak, namun tetap dengan perbandingan yang sama.
  • 30 kg Kotoran kambing (anda bisa juga menggunakan kotoran ayam, namun kotoran kambing lebih bagus)
  • 30 kg Belerang
  • 10 kg Bekatul
  • 10 kg Arang sekam
  • Daun lamtoro 1,7 kg
  • Daun sirsak 6 ons
  • Jerami 50 kg
  • 0,1 liter m4/mikroorganisme (sebagai bioaktivator)
  • 2,5 ons Gula pasir
  • Air bersih seperlunya saja
Alat yang diperlukan untuk membuat nutrisi hidroponik organik :
  • Aerator 45 lt/menit
  • Selang air
  • Penampung / wadah untuk tempat fermentasi pupuk cair organik
Setelah semua alat dan bahan siap, berikut adalah tahapan dari cara membuat nutrisi hidroponik organik yang benar :
  1. Haluskan daun lamtoro dan sirsak dengan takaran yang telah disiapkan.
  2. Campurkan kotoran kambing, belerang, arang seka, jerami, gula pasir, bioaktivator dan lamtoro juga daun sirsak yang telah dihaluskan sebelumnya ke dalam wadah penampung.
  3. Beri air bersih hingga semua bahan yang telah dimasukkan tadi terendam.
  4. Beri hawa dengan selang aerator agar berlangsung proses fermentasi aerob.
  5. Tunggulah selama 30 hari agar pupuk organik terfermentasi dengan sempurna.
  6. Setelah pupuk cair terfermentasi, saring kemudian endapkan.
  7. Nantinya, bagian dari endapan yang digunakan adalah air yang ada di atas endapan.
Membuat Nutrisi Hidroponik Organik
Nah, sekarang pupuk hidroponik cair buatan sendiri sudah jadi. Sedikit rumit memang, namun sebanding bila dibandingkan dengan kesehatan yang didapat nantinya. Sekarang anda tinggal aplikasikan saja pupuk hidroponik tadi pada tanaman yang anda tanam. Caranya:
  1. Ambil air yang berada di atas endapan tadi.
  2. Kemudian campurkan dengan air biasa, perbandingannya 1 : 10, 1 untuk nutrisi hidroponik dan 10 untuk air.
  3. Ketika akan menanam tanaman hidroponik, gunakanlah larutan ini dengan teknik sumbu dan apung, atau bisa juga langsung menyiramkannya secara teratur bila menggunakan cara biasa.
  4. Cara lainnya dengan menyemprotkan langsung pada sayuran.
  5. Ampas endapannya digunakan sebagai pupuk tanaman pot.
  6. Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat nutrisi tanaman hidroponik organik. Semoga informasi tentang cara membuat nutrisi hidroponik organik ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Selamat mencoba.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: