Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut-Kutu rambut adalah parasit yang nampak di kepala manusia. Ukuran badan organisme ini begitu kecil, hingga dengan cara sepintas susah tampak oleh mata. Waktu baru menetas, ukuran kutu rambut lebih kecil dari pada ujung kepala peniti. Saat telah dewasa, ukurannya cuma sebesar biji wijen. Saat tetas telur kutu sekitar pada delapan sampai sembilan hari. Saat hidup kutu sejak dari kecil, dewasa, sampai mati dapat meraih 40 hari. Kutu rambut hidup dari mengisap darah manusia dari kulit kepala. 

Orang yang mempunyai kutu rambut sering rasakan gatal pada kepalanya. Rasa gatal bukanlah datang dari gigitan kutu rambut pada kulit kepala, tetapi akibat reaksi alergi pada parasit itu. Oleh karenanya, untuk orang yg tidak alergi pada kutu rambut, akan tidak mengerti tentang kehadiran mereka di kepala. 

Kutu rambut cuma diidap manusia serta cuma bisa menular antarmanusia saja. Parasit ini tidak bisa ditularkan pada hewan maupun demikian sebaliknya. Penularan kutu rambut bisa berlangsung lewat : 

Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut

a. Kontak langsung. Penularan ini berlangsung saat rambut seorang bersentuhan dengan rambut pasien yang sangat mungkin kutu rambut merayap serta beralih tempat. 

b. Kontak tak langsung. Penularan ini berlangsung lewat penghubung benda yang digunakan berbarengan yang sudah terkontaminasi kutu rambut atau telurnya. Misalnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, serta pakaian. 
Kutu rambut tak dapat terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain. Infeksi kutu rambut tak terkait dengan kebersihan rambut seorang. 

Penularan kutu rambut seringkali berlangsung didalam keluarga atau di kelompok anak-anak yang aktif berhubungan serta lakukan kontak fisik dengan rekan-rekan sebaya. 

Mendeteksi kehadiran kutu rambut 
Lantaran dengan cara kasat mata kehadiran kutu rambut susah tampak, jadi langkah yang paling efisien yaitu dengan memakai sisir serit. Sisir serit adalah sisir spesial yang bisa menjaring atau menangkap kutu rambut lantaran dilengkapi dengan gigi-gigi yang berjarak rapat, yakni sekitaran 0 koma dua sampai 0 koma tiga milimeter. Sisir yang terbuat dari plastik atau kayu ini bahkan juga bisa menjaring anak ataupun telur kutu. 

Ada dua langkah memakai sisir serit, yakni lewat cara basah atau kering. Lewat cara basah : 

a. Bersihkan rambut terlebih dulu dengan shampo apa sajakah.
b. Pakai conditioner untuk menghaluskan rambut.
c. Sisir rambut dengan memakai sisir umum untuk meyakinkan tak ada rambut yang kusut supaya tak menghambat gerakan sisir serit nanti.
d. Pakai sisir serit perlahan dari kulit kepala, lantas tarik sisir sampai ke ujung rambut.
e. Periksalah sisir serit Anda adakah kutu, atau bahkan juga telur kutu pada permukaan sisir atau yang terselip diantara gigi-gigi sisir.
f. Ulangilah langkah tersebut sampai semua rambut tersisir dengan cara rata.
g. Untuk menghindar kutu rambut jatuh ke lantai serta susah untuk diliat, jadi alasi lantai dengan kain atau kertas berwarna putih. 

Beberapa langkah memakai sisir serit lewat cara kering nyaris tak jauh tidak sama lewat cara basah. Bedanya rambut tak perlu dikeramas dengan shampo atau dilembutkan terlebih dulu dengan conditioner. Tetapi langkah pertama dikira lebih akurat lantaran kutu akan tidak bergerak bila rambut kita dalam kondisi basah. 

Terkecuali pada diri Anda sendiri, kerjakanlah pendeteksian dengan sisir serit ini pada keluarga, terlebih pada anak Anda. Bila hasil penyisiran memerlihatkan ada kutu atau telur, jadi cepatlah kerjakan penyembuhan. 

Menyembuhkan kutu rambut 

Sebelumnya menyembuhkan kutu rambut dengan memakai obat-obatan, baiknya kerjakan perlakuan lewat cara simpel terlebih dulu. Langkah simpel ini sama dengan beberapa langkah mendeteksi kehadiran kutu rambut dengan menggunakan sisir serit. Cara penyisiran yang baiknya dipakai yaitu dengan langkah basah. 

Kerjakan prosedur ini dengan cara berkala, yakni pada hari ketiga, ke enam, kesembilan, keduabelas, serta kelimabelas. Jarak saat ini mempunyai tujuan supaya Anda bisa bersihkan semua kutu rambut, termasuk juga anak-anak kutu yang baru menetas sebelumnya mereka jadi dewasa serta berkembang biak. 

Bila pembersihan memakai sisir rambut belum sukses, coba untuk memakai obat antiparasit yang di jual bebas di apotek. Salah nya ialah permethrin. Resikonya obat ini termasuk enteng, yakni rasa gatal serta kemerahan pada kulit kepala. Ikutilah panduan pemakaian permethrin yang tercantum pada paket obat.  


Kontrol ke dokter cuma disarankan bila obat kutu rambut yang Anda beli segera di apotek tak tunjukkan hasil yang memuaskan. Biasanya dokter bakal meresepkan obat seperti :  

a. Malathion. Obat antiparasit berupa shampo ini diisi kandungan alkohol tinggi serta cuma bisa dipakai pada beberapa orang diatas umur 6 th.. Untuk panduan pemakaian malathion, ikuti anjuran dokter atau baca info yang tercantum pada paket obat. 

b. Lindane. Obat antiparasit ini sesungguhnya masuk kedalam kelompok obat keras serta dilarang dipakai oleh mereka yang mempunyai kisah kejang-kejang, positif HIV, wanita mengandung, serta mempunyai berat tubuh dibawah 50 kg. Lindane untuk kutu rambut ada berbentuk shampo. 
Menghindar kutu rambut 

Mencegah Kutu Rambut

Terdapat banyak panduan mencegah kutu rambut yang dapat diaplikasikan pada sendiri, anak, atau keluarga. 

a. Jauhi kontak kepala dengan kepala waktu beraktivitas didalam tempat tinggal atau diluar tempat tinggal.
b. Teratur mengecek kehadiran kutu rambut dengan memakai sisir serit sebagai perlakuan awal c. sebelumnya menebar pada orang lain.
d. Sebisa-bisanya melindungi jarak dengan pasien kutu rambut apabila butuh jauhi kontak dengannya untuk sesaat saat.
d. Janganlah sharing beberapa barang pribadi seperti sisir, sikat rambut, bantal, selimut, baju, dsb untuk menghindar penularan kutu rambut. 
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: