Perkembangan dunia teknologi yang kian canggih dan semakin pesat, semakin memudahkan banyak orang untuk mengerjakan lebih banyak tugas dibandingkan biasanya. Perkembangan teknologi ini juga sudah mulai merambah ke dunia pertanian, misalnya adalah  dengan adanya aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu suksesnya suatu perkebunan. Setelah membaca aartikel sederhana ini, maka Anda akan mengetahui 5 cara memanfaatkan smartphone dalam berkebun, antara lain:
1. Mengenal lebih banyak komunitas berkebun
Smartphone yang Anda miliki hendaknya digunakan pula untuk mengenal semakin banyak komunitas berkebun baik secara langsung maupun tidak langsung atau melalui komunitas yang berada di sosial media. Dengan bergabung dengan suatu komunitas maka anda akan sedikit mengetahui perkembangan teknologi untuk pertanian. Dengan bergabung dengan komunitas pula anda dapat bertanya tentang permasalahan anda tentang kendala yang anda hadapi saat berkebun.
2. Berdagang di media komunikasi sosial
Banyaknya aplikasi media sosial yang beredar saat ini harusnya mendorong Anda untuk semakin aktif dalam mengenalkan usaha yang Anda miliki. Berjualan di media sosial adalah salah satu cara untuk memajukan usaha yang sedang Anda kembangkan. Melalui post di Instagram, Facebook, ataupun media lainnya, akan membuat produk anda di kelal masyarakat luas, dan kesenangan yang kini Anda tekuni juga akan mendatangkan keuntungan finansial bagi anda. Selain keuntungan ekonomi, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak teman dan kenalan baru, sehingga pertukaran informasi antar pecinta kegiatan berkebun menjadi semakin lancar dan efektif.
3. Bagikan kisah Anda kepada setiap orang 
Ketika Anda mengalami masalah dalam mengembangkan kebun, janganlah ragu untuk meminta saran orang lain. Begitu pula ketika Anda berhasil mengembangkan perkebunan Anda, bagikan kisah sukses Anda dengan orang lain sehingga orang lain turut merasakan kesuksesan yang sama dan belajar dari kesuksesan anda. Saran dan solusi yang diberikan antar pecinta kegiatan berkebun merupakan pendorong yang juga dapat membantu supaya usaha Anda dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Buatlah relasi sebanyak mungkin, sehingga jarak yang ada di antara anggota satu dengan yang lainnya tidak begitu berarti.

Baca juga:

4. Pantau harga terkini dan berita terbaru mengenai tanaman
Dengan melakukan pengecekan secara rutin mengenai harga tanaman yang sedang naik daun, Anda tidak akan tertipu saat ada calon pembeli yang ingin membeli tanaman yang Anda kembangkan. Begitu pula saat ada tanaman baru yang digemari, Anda dapat langsung mencari sumber yang dapat dijadikan referensi belajar yang baik. Semakin banyak informasi yang anda tahu maka semakin banyak pula keuntungan yang nantinya anda dapatkan.
5. Gunakan internet untuk mengetahui perkembangan cuaca.
Dengan mengetahui perkembangan cuaca dengan baik maka anda akan mendapatkan informasi tentang kapan saat penanaman tang baik, kapan saat paling tepat di lakukan pemupukan, fan lain sebagainya.
Sekian post dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: