Ketika berkebun, tanpa kita sadari seluruh anggota tubuh kita akan ikut bergerak. Mulai dari kepala, badan, tangan, hingga ke ujung kaki akan bergerak. Mulai saat kita mengambil pupuk, menanam bibit, menyiram tanaman, hingga membersihkan rumput, semuanya mengharuskan tubuh dan badan kita untuk bergerak secara aktif dan luwes. Karena tubuh kita bergerak secara aktif inilah yang akan membuat metabolisme didalam tubuh kita semakin lancar, dan kitapun menjadi berkeringat.
Karena metabolisme di dalam tubuh menjadi lancar,  maka peredaran darah di dalam tubuh juga ikut menjadi lancar. Lancarnya peredaran darah dalam tubuh kita membuat zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dapat tersalurkan dengan baik. Karbohidrat, protein, lemak, dan gula darah dapat dihantarkan  ke seluruh organ tubuh dengan baik, sehingga kadar gula di dalam darah  menjadi tetap stabil. Karena kadar gula darah di dalam tubuh stabil, maka resiko seseorang untuk terkena penyakit diabetes dapat berkurang.
Selain membuat peredaran darah kita semakin lancar, kegiatan berkebun juga juga dapat membakar kalori di dalam tubuh. Jika kita berkebun secara aktif dan rutin, jumlah kalori yang dapat terbakar kira-kira sebanyak 280 hingga 380 kalori. Hal ini akan membuat peredaran darah di dalam tubuh semakin lancar dan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes dan lain-lain.
Tidak hanya mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit tersebut, ternyata kegiatan berkebun yang dilakukan secara rutin juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. hal ini dikarena keberadaan kita yang dekat dengan tanaman. Bau tanah yang begitu menyegarkan, ditambah adanya oksigen yang dihasilkan oleh proses fotosintesis dari tanaman membuat otak kita tetap segar dan terjaga dengan baik. Selain itu, perasaan tenang juga timbul karena kita melihat tanaman yang kita tanam dan rawat sendiri. tumbuh dengan baik Jika kita menanam bunga, tentu aroma yang keluar dari bunga tersebutlah yang akan membuat hati kita merasa senang dan nyaman, sehingga pikiran kita semakin rileks.

Baca juga:
Bagaimana, sudah punya niat untuk mulai berkebun? Jangan lupa, selain bermanfaat bagi kesehatan dengan berkebun kita juga turut membantu kelestarian alam lo. Pohon memiliki fungsi sebagai pengikat air di dalam tanah sehingga menjaga ketersediaan air di dalam permukaan bumi. Akar pohon yang mengikat air juga dapat mencegah terjadinya banjir. Wah, ternyata berkebun mendatangkan banyak manfaat kan. Mari mulai berkebun sejak saat ini yuk....
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: