Bagaimana Cara untuk Membuat Pupuk Cair Mudah dan Praktis Dari Sampah Dapur?

Mengapa pupuk cair ?? Pupuk cair lebih mudah diaplikasikan dan diserap oleh tanaman kita, karena kita hanya mencampurkan ke air kemudian siramkan ke tanaman kita. Tempat menyimpannya juga relatif kecil jika dibandingkan dengan   pupuk padat. Pupuk cair dapat kita buat dari bahan dapur misalnya : susu basi, juice basi, sup sisa, air cucian beras, ampas teh, ampas kopi dll.

Untuk menggolahnya bahan2 diatas kita buda gunakan bantuan bakteri em4 (ada di jual di toko pertanian). Bakteri em4 merupakan bakteri anaerob atau bekerja dalam lingkungan tanpa oksigen, dengan menggunakan gula sebagai energi mereka (gula pasir, gula merah atau molases/ tetes tebu).
Boleh menggunakan gula pasir, gula jawa, atau es teh manis bekas yang tidak habis terminum.

Caranya yaitu, bahan2 diatas tadi dimasukkan didalam wadah yang tertutup, bisa botol bekas juga. Kemudian masukkan larutan gula dan em4, kemudian di biarkan selama 1 minggu, setiap hari diaduk kemudian di buka tutup botolnya untuk mengelurkan gas tersebut, setelah seminggu di fermentasi kemudian pupuk cair boleh digunakan dengan mencampurkannya dengan air dengan perbandingan 1:10, 1 pupuk cair dicampurkan dengan 10 air.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: