CaraMembasmi Hama Keong Mas di Sawah - Musim tanam sedang berjalan, tetapi para petani sedang di bingungkan dengan banyaknya bermunculan keong-keong berbentuk mas (keong mas) yang memakan tanaman padi yang masih muda. Mereka bingung bagaimana cara memberantas hama keong mas.
CaraMembasmi Hama Keong Mas di Sawah
CaraMembasmi Hama Keong Mas di Sawah

Dibawah ini akan di bahas langkah-langkah membasmi hama keong emas dan cara menghindari agar tidak terserang hama keong emas.

Membasmi hama keong mas:
  1. Dengan memberi kapur. Pemberian kapur untuk membasmi keong sangat mudah caranya, yakni dengan cara menaruh kapur bangunan ke dalam areal persawahan kurang lebih dalam jarak 2-3 meter satu bungkus kapur bangunan. Dan Kapur ini tidak menganggu tanaman.
  2. Membasmi benih keong mas. benih atau telur keong emas berwarna merah dan jumlahnya sangat banyak. Jika kita menemukan telur ini di sekitar sawah anda segera hancurkan dengan menggunakan tangan.
  3. Dengan memberi  pestisida. pemberian pestisida untuk keong juga efektif mengancurkan keong yang sudah merambah areal persawahan. Pestisida ini sebaiknya mengandung bahan aktif niclos amida.
Cara agar terhindar dari hama keong:
  • Setelah ditanami lahan persawahan sebaiknya di keringkan, karena keong emas tidak suka dengan lahan kering, keong emas sukanya hidup di tempat yang banyak airnya.
  • Punguti keong secara berkala, kurang lebih tiga kali dalam seminggu.
  • Memberi sarang pada lubangan air masuk. Tujuannya agar keong dai sawah tetangga tidak masuk  ke sawah kita.
  • Memberi pakan berupa daun pepaya atau daun singkong. Keong emas sangat suka daun ini, jika daun ini di taruh di areal perawahan yang banyak keongnya otomatis keong tersebut akan memakan daun pepaya atau daun singkong tersebut, dan tidak memakan tumbuhan padi yang masih muda itu. Disamping itu juga gampang dalam memungutnya, karena keong emas tersebut mengumpul di tempat tersebut.
Demikian beberapa solusi dalam memasmi keong emas, semoga bermanfaat. Amin.
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: