Cara Menyemai Biji Cabe - Pernahkah anda mencoba untuk mendapatkan bibit cabai dengan cara menyemai sendiri di rumah? Bagaimana hasilnya, apakah memuaskan? Jawabannya pasti bermacam-macam.

Untuk pemula seperti saya, membuat bibit cabai sendiri tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Karena beberapa kali mencoba, hasilnya tidak memuaskan. Biji cabai yang saya tebar di dalam pot tidak semuanya tumbuh. Tidak lebih dari 10% dari jumlah biji cabai yang saya semai. Maklum saja, semuanya saya lakukan tanpa ada perlakuan khusus. Mungkin itulah sebabnya biji cabai yang saya semai banyak yang tidak mau tumbuh.
Cara Menyemai Biji Cabe
Cara Menyemai Biji Cabe
Sebenarnya ada beberapa cara agar proses pembuatan bibit cabai bisa berhasil dengan sempurna. Cara-cara tersebut dapat dengan mudah ditemui di buku-buku pertanian atau bisa juga mencari di internet. Ada satu cara yang membuat saya tertarik untuk mencobanya. Dan setelah saya terapkan cara yang saya dapatkan itu, akhirnya sekarang saya bisa membuat bibit cabai sendiri. Biji-biji cabai yang saya semai lebih dari 90% tumbuh dalam waktu yang relatif singkat tanpa bantuan bahan kimia. Hanya menggunakan ramuan yang terbuat dari bahan alami.

Berikut cara menyemai biji cabai agar cepat tumbuh yang telah saya buktikan sendiri.
  • Siapkan biji cabai rawit atau cabai merah (dapat menggunakan biji cabai yang dibeli di toko pertanian atau bisa juga dari hasil petik sendiri). Untuk cabai hasil petik dari pohon, potong menjadi tiga bagian. Ambil yang bagian tengah saja kemudian ambil bijinya. Setelah memotong dan memegang biji cabai, jangan pegang bagian tubuh manapun karena dapat menimbulkan rasa panas.
  • Siapkan wadah (di sini saya menggunkan gelas). Isi wadah dengan air hangat, jangan terlalu panas. Isikan cukup 2/3 bagian saja.
  • Ambil satu siung bawang merah, lalu lumatkan hingga bawang merah menjadi halus, kemudian campurkan dengan air hangat di dalam wadah.
  • Masukkan biji cabai yang telah disiapkan tadi.
  • Rendam biji cabai semalaman untuk mendapatkan biji cabai yang bagus. Yaitu biji cabai yang tenggelam.
  • Ambil hanya biji cabai yang berada di dasar wadah, tiriskan sebentar sambil menyiapkan media untuk menyemai biji tersebut.
  • Taburkan biji cabai di atas media tanam (dalam pot), kemudian tutup dengan tanah tipis-tipis.
  • Letakkan pot di tempat yang terlindung dari cahaya matahari dan air hujan secara langsung, dan terhindar dari gangguan unggas.
  • Siram setiap sore hari dengan sprayer.
  • Setelah 5 hari, biji cabai sudah menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh. Dan di hari ke 7 bibit cabai sudah terlihat ramai berdiri.
Demikian cara mudah menyemai biji cabai agar cepat tumbuh yang dapat anda coba di rumah. Menyemai biji cabai di dalam pot juga memungkinkan mendatangkan serangga pengganggu seperti semut. Sumber : http://www.wismakreatif.com/2015/05/cara-mudah-menyemai-biji-cabai-agar.html
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

1 comments: